Iklan

Trending Today

Seru Abis! Wisata Kece di Kaligua, Bumi Ayu

Ilustrasi

Berikut ini aku akan bahas tentang Kaligua. Tentang sejarah dan letak Kaligua. 
O iya, kalian familiar dengan nama kaligua gak. Mungkin banyak dari kalian yg belum familiar denger nama kaligua. Di zaman digital ini , dimana banyak orang bisa membuat artikel, ada banyak kesalahpahaman tentang sejarah dan letak geografis Kaligua. 

Ada yang menyebut Kaligua adalah sebuah gua, ada yg menyebut bahwa Kaligua terletak di tegal bahkan di Purwokerto. Itu semua adalah kesalahpahaman karena kurangnya wawasan sang pembuat artikel. 

Kali ini saya akan membahasnya secara detail. 

Sejarah Kaligua

Kaligua adalah sebuah obyek wisata yang menyajikan pemandangan kebun teh saat ini. 

Perkebunan teh Kaligua merupakan warisan belanda. Kemudian pemerintah Belanda membangun pabrik pada tahun 1889 untuk memproses langsung hasil perkebunan teh menjadi teh hitam.

Berikut ini adalah produk teh dari pabrik teh Kaligua.

Ilustrasi

Kebun ini semula dikelola oleh warga Belanda bernama Van de Jong dengan nama perusahaan Belanda John fan & pletnu yang mewakili NV culture onderneming. 
Sebagai bentuk penghargaan maka Van de Jong dimakamkan di Kaligua.
Makannya masih terawat sampai gini mungkin karena itu adalah sejarah. 
Ada sedikit cerita yang saya dengar pada saat pembangunan pabrik konon pada saat itu para pekerja membawa ketel uap dari Paguyangan menuju Kaligua yang mereka tempuh dalam waktu perjalanan mereka tempuh dalam waktu 20 hari peralatan tersebut dibawa dengan rombongan kerja yang berjalan kaki naik sepanjang 17 km karena zaman dulu belum ada kendaraan ya guys.

Saat ini perkebunan teh kaligoa dikelola oleh PT perkebunan Nusantara IX ,
(Persero)Jawa tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah.

Wisata kaligoa selain menyuguhkan pemandangan kebun teh di sana juga ada situs sejarah gua Jepang goa Jepang ini juga mempunyai banyak cerita sejarah. selain itu di sana juga banyak wahana-wahana menarik untuk anak-anak dan remaja. Jika kalian berasal dari daerah yang jauh jangan khawatir di kali gua banyak penginapan dan juga ada villa yang mempunyai view pemandangan yang bagus.

Saat ini wisata Kaligua sudah sangat cukup tertata dan menyediakan banyak fasilitas . Fasilitas diantaranya adalah penginapan gedung pertemuan, area outbound, area perkemahan, lapangan olahraga, cafe, pusat layanan kesehatan, sarana ibadah, dan lain-lain

Selain menyediakan fasilitas tersebut di atas, kaligua juga menawarkan beberapa paket wisata. karena selain di Kaligua itu sendiri, ada tempat yang tidak jauh dari lokasi kaligoa masih di sekitaran Pandansari ada sebuah tempat wisata yang tergolong langka yakni sebuah telaga yang dihuni jutaan ikan lele nama wisata tersebut adalah telaga ranjeng. lokasinya berada di tengah hutan lindung jadi belum banyak dijamah oleh wisatawan.

Lokasi Kaligua

Kaligua berada di daerah Brebes tepatnya Brebes bagian Selatan yaitu Bumiayu. Desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes Jawa tengah adalah alamat lengkap Kaligua. Untuk versi Google maps-nya bisa kalian lihat di bawah ini.


Perkebunan teh kali gua berada di lereng barat gunung Slamet di ketinggian 3.432 mdpl. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa setelah gunung Semeru keindahan salah satu puncak gunung Slamet yaitu puncak dapat dinikmati dari perkebunan teh kali gua ini di tempat ini jika udara sedang cerah akan terlihat juga keindahan gunung Ciremai.

Konon katanya menurut legenda gunung Slamet adalah sang suami dari gunung Ciremai.

Dikarenakan letak geografis Kaligua yang berada didataran tinggi 1.200-2.050 meter dari permukaan laut (mdpl), tepatnya di lereng barat gunung Slamet, maka suhu di Kaligua cukup dingin yaitu sekitar 8-22°C  dan jika musim hujan. Dan sekitar 4-12°C jika musim kemarau. 


Kira-kira begitulah yang bisa saya sampaikan tentang sejarah dan letak geografis wisata kaligua.
Jika kalian sudah pernah mengunjungi kali gua tidak ada salahnya jika kalian mengunjunginya lagi kali ini karena kali gua selalu membuat pembaharuan pada tempat wisatanya.

Jika kalian merasa sudah pernah ke kaligua dan merasa bosan atau tidak mau ke sana lagi mari kita berwisata ke Semarang. Jika ada dari kalian yang ingin berwisata ke Semarang, saya akan berikan referensi tempat-tempat wisata di Semarang. 

 Berikut ini adalah referensinya  : 

0 Comments

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved