Iklan

Trending Today

5 Tempat Wisata Murah Di Brebes

5 Tempat Wisata Murah Di Brebes

Berikut ini adalah 5 tempat wisata murah di Brebes yang bisa kalian coba bersama keluarga maupun teman.

Daftar tempat wisata murah beserta lokasinya

1. Pantai Randusanga Indah


Letak & Harga Tiket

Pantai ini terletak di desa Randusanga. tiket masuk  hanya Rp.2,000,- / orang.

Sejarah pantai Randusanga

Pantai Randusanga awalnya hanya pantai biasa saja. pantai sepanjang 2 Km ini biasa dijadikan tempat ngumpul ngumpul warga setempat hingga akhirnya pemerintah menyadari adanya potensi dijadikannya tempat wisata. Pantai randusanga diresmikan sebagai tempat wisata oleh pemerintah pada tahun 2001.

2. Manggrove


Letak & Harga tiket masuk manggrove

Manggrove adalah sebuah hutan bakau yang terletak di desa pandan sari , kaliwlingi. 
Tiket masuknya hanya  Rp.5,000,- /orang

Sejarah manggrove

pada awalnya manggorove  hanya dijadikan sebagai hutan bakau saja. penanaman bakau ini sudah dimulai dari tahun 1990. Penanaman bakau dilakukan agar tidak terjadi abrasi di pesisir pantai. 
Siapa sangka, setelah hutan itu lebat, ternyata berpotensi untuk menjadi tempat wisata.Hutan bakau seluas 200 hektar ditanami kurang lebih 2.260.000 batang pohon manggrove jenis Rhizopora. Akhirnya pada tahun 2005 mantan kades desa Kaliwlingi beserta kelompok Dewi Manggrove Sari mengelola hutan bakau tersebut untuk dijadikan tempat wisata.

3. Bekas Pabrik Gula Jatibarang



Pabrik gula ini hanya sebuah bangunan saja. Pabrik ini sudah lama sekali tidak beroperasi. Namun sering dikunjungi banyak orang sehingga bisa dijadikan tempat wisata juga untuk mengetahui sejarah tempat tersebut. 
Letak pabrik ini cukup strategis yaitu di jl.raya Jatibarang. 
Tidak ada tiket masuk. 

sejarah PG jatibarang

Nama awal pabrik gula ini adalah Suikerfabriek Djatibarang .Pabrik gula jatibarang dibangun pada ahun 1842 pada jaman penjajahan belanda. Pada masa itu belanda membangun 3 pabrik  gula di Brebes yaitu di bandjaratma, kersana dan djatibarang. Namun karena besarnya biaya operasional dan berkurangnya lahan tebu, maka ketiga pabrik tersebut digabung menjadi satu yaitu di djatibarang. Pada tahun 1957 pemerintah belanda menyerahkan pengelolaan pabrik gula jatibarang kepada pemerintahan indonesia. 
pabrik gula jatibarang merupakan bangunan yang cukup lengkap fasilitasnya. Diantaraanya ada Mbesaran . Mbesaran adalah rumah dinas para administator beserta keluarganya.
Ada juga stasiun remise. Stasiun remise ini konon katanya adalah stasiun termegah dan terbesar di dunia diantara pabrik-pabrik gula lainnya. Dan hanya ada 2 di dunia ini yg mana arsitek bangunan remise ini yaitu di PG djatibarang dan di negara Rusia.

4. Kalibaya park



Ini adalah taman kalibaya yang terletak di daerah Salem,Brebes. Tepatnya di pasir panjang, Salem , area hutan bandungsari, Banjar Harjo.
Tiket masuk hari biasa Rp,3.000,- / orang.
Tiket masuk hari libur Rp,5.000,- / orang

asal usul taman kalibaya /kalibaya park

karena kalibaya park terletak di puncak gunung lio, menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kita akan disuguhkan pemandangan yang indah dari ataus bukit seperti hamparan waduk malahayu & padang savana. dan ada juga outbond, gardu pandang , atv & komodo track.
Berkat kerjasama masyarakat dan berbagai lembaga seperti LMDH , PEMDES pasir panjang dan karang taruna , tempat ini menjadi tempat wisata yang dikunjungi bnyak orang dan dibuka secara resmi pada tahun 2016.

5.Kali Goa



Destinasi wisata ini terletak di Brebes kabupaten yaitu Bumiayu. Tepatnya terletak di jl.kali goa no.6 .
tiket masuk ke kebun teh kaligoab Rp,5.000,-/orang + motor Rp,2.000,- mobil Rp,5.000,-.

 Sejarah kaligoa

wisata kaligoa ini, adalah wisata  kebun teh ada juga goa nya,yaitu goa jepang. 
Di goa jepang ini ada peristiwa kelam seperti kisah tragis pejuang indonesia yang di aniaya di goa tersebut. Goa ini juga dijadikan sebagai temat persembunyian tentara jepang.

Peristiwa pembantaian pejuang indonesia dinamakan dengan pembantaian Romusha.Romusha adalah sebutan untuk warga pribumi yang diperbudakkan namun membantah atau melawan pemerintahn militer jepang.

Goa ini dibangun pada 1942 oleh kekaisaran jepang. Pembangunan Goa ini berlangsung selama 2 tahun yang melibatkan para romusha , yaitu pribumi indonesia. Banyak lorong lorong yang dibuat pada masa itu. Lorong lorong tersebut digunakan sebagai tempat senjata, tempat penyimpanan makanan , tempat pembantaian dll.
Sejak jepang kalah dalam perang dunia ke-2 pada thn 1945 tentara jepang pulang kenegaranya guna mengurus hirosima dan nagasaki yang kena bom. Sejak saat itu hingga tahun 1980  tempat itu terbengkalai , akhirnya pada tahun 1996 lorong lorong itu dibuka untuk tempat wisata.

Demikian lah 5 tempat wisata dari sekian banyaknya destinasi wisata murah di Brebes . Silahkan kunjungi bersama keluarga atau teman anda.    





0 Comments

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved