Iklan

Trending Today

Kebaikan Manusia Yang Merusak Ekosistem Rantai Makanan. Ini Buktinya!

Ilustrasi

Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai Khalifah di bumi dan mengelola apa yang ada di bumi. Sebagai manusia , selalu ada keburukan dan kebaikan dari setiap perilaku manusia. 

Untuk segala keburukan yang manusia lakukan pasti banyak efek buruk yang terjadi di dunia ini. Namun ada pula kebaikan dari manusia yang bisa menyebabkan rusaknya sesuatu di dunia ini. Contohnya adalah rusaknya ekosistem rantai makanan. 

Rantai makanan yang seperti apa yang telah dirusak oleh manusia. Kami akan menjelaskan dengan singkat saja. 

Jadi kami akan menjelaskan ekosistem rantai makanan yang hampir rusak,jadi belum benar benar punah. Jadi kalian bisa bayangin bila ekosistem rantai makanan benar benar punah akan jadi seperti apa dunia ini? 

Dan kali ini kerusakan ekosistem ini terjadi akibat kebaikan manusia yaitu memberi makan kucing dengan makanan produksi pabrik seperti makanan basah dan kering. 
Makanan basah dan kering tersebut memang diproduksi dari bahan baku daging tapi tidak murni. 

Kita semua tahu bahwa kucing termasuk  hewan karnivora. Hewan karnivora adalah hewan mamalia yang makanannya adalah sejenis daging. 
Jenis daging nya pun banyak ragamnya dan untuk tipe kucing yang berbeda.

 Jika kucing besar seperti singa dan lainnya , habitnya adalah daging segar buruan mereka sendiri. Jika di kebun binatang paling kucing besar ini dikasih makanan ayam hidup atau potongan daging sapi atau kambing. 

Untuk kucing kecil seperti kucing yang hidup liar dijalanan ataupun kucing yang dipelihara dirumah rumah, habitnya adalah makan ikan dan juga tikus. 

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan tekhnologi , manusia manusia yang memelihara kucing semakin sibuk bekerja dan tidak memberikan makanan kepada kucing secara teratur. Akhirnya manusia berinisiatif untuk membuat makanan yang tahan lama dan bisa distok dirumah untuk tujuan efisiensi waktu dan rutinitas memberi makan kucing kesayangan mereka. 

Karena rutinitas manusia yang memberi makan kucing mereka dengan makanan siap saji, maka habit kucing peliharaan jadi berubah . Dari yang awalnya makan ikan yang disajikan oleh manusia, dan jika tidak disajikan maka kucing tersebut akan mencari makanan lain seperti tikus tikus yang ada didalam rumah. 

Karena makanan siap saji untk kucing yang gampang banget didapatkan, Maka rutinitas memberi makan kucing dengan makanan produksi pabrik sudah menjadi habit kucing peliharaan. Makanya sekarang banyak kucing dan juga keturunan kucing peliharaan sudah tidak suka dengan ikan dan juga tikus. 
Walaupun sekarang masih ada tikus jalanan yang masih memburu dan memakan tikus, namun makin kesini aku sering melihat manusia manusia yang baik hati dan memberi makan kucing dengan makanan siap saji dari produksi pabrik. 

Kami berpikir jika kebaikan manusia ya g seperti itu ditiru oleh banyak orang dan akhirnya habit kucing jalanan pun berubah seperti habit kucing peliharaan , lalu siapa yang akan memakan tikus tikus itu. 
Sedangkan di jaman sekarang sudah jarang sekali ditemukan ular ular berkeliaran untuk memburu tikus. 

Kenapa ular sudah jarang terlihat berkeliaran sekarang? . Jawabnya adalah karena ekosistem ular telah dirusak manusia. Tempat tinggal ular lambat lain tergusur oleh tempat tinggal manusia.Manusia takut melihat ular, ular pun takut melihat manusia. Akibatnya ular dan manusia saling membunuh. 

Habit ular yang biasanya memakan tikus lambat laun berubah. Ular yang bersembunyi biasanya memakan apa yang ada disekitarnya saja. Sedang kan tikus biasa berkeliaran disekitar manusia. Ular pun enggan mendekati tikus dan memakannya karena tikus berdekatan dengan manusia. 

Rusak nya rantai makanan

Jika habit hewan hewan tersebut sudah banyak yang diubah manusia secara tidak langsung, apakah rantai makanan akan tetap berjalan ? 

Sepertinya jika ekosistem rantai makanan rusak, maka manusia juga yang akan menanggung akibatnya. 
Kalian bayangkan jika tikus tidak ada yang memakan, maka tikus akan semakin banyak berkembang biak dan sedikit berkurang . 

"Lalu apa yang terjadi jika tikus tidak ada yang memakan?. Tikus akan semakin banyak berkoloni di dalam tanah dan di atap rumah rumah warga yang di tutup ternit" 

Tikus tikus tersebut biasanya bertempat tinggal di dalam tanah dan ditempat tempat tersembunyi seperti atap atap rumah yang ditutup ternit. 

Tikus yang bertempat tinggal di tanah biasanya membuat lubang dan jalur jalur khusus untuk jalan mereka.

Kalian bayangin gak ,kalo dibawah rumah kalian banyak jalur yang telah dibikin tikus, apa yang akan terjadi?. Yang terjadi adalah rumah akan amblas ke dalam tanah. 
Nauzubillah min dzalik.

0 Comments

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved