Iklan

Trending Today

Ampo , Makanan dari Bahan Tanah Liat Khas Tuban

Ilustrasi

Di Tuban, ada camilan spesial yang unik banget, loh, geng! Namanya ampo, dan yang bikin beda, camilan ini terbuat dari tanah liat.

Selain di Tuban, ampo juga bisa lu temuin di Cirebon dan beberapa kota lain di Jawa Timur, Jawa Barat, atau Jawa Tengah. Bentuknya kayak gulungan ramping, mirip rol snack gitu.

Dulu, masyarakat anggep ampo itu camilan istimewa banget, terutama di Tuban dan Cirebon. Walaupun sekarang udah ada camilan lain yang makin ngetren, masih ada aja yang tetep pertahankan kehadiran camilan klasik ini.

Katanya, tradisi makan ampo di Tuban makin ngehits pas zaman penjajahan. Waktu itu, sumber makanan susah dicari, jadi masyarakat pada pake tanah aluvial dari tepi sungai Bengawan Solo buat bikin ampo.

Sekarang, salah satu daerah yang masih bikin ampo adalah Desa Bektiharjo, Tuban. Meski di Tuban atau Cirebon ada ampo, tapi bedanya ada di bentuknya, geng.

Ampo dari Cirebon ukurannya lebih gede, sementara yang dari Tuban lebih kecil. Nggak cuma buat camilan, ampo juga sering jadi pelengkap di acara budaya, kayak sedekah bumi, selametan, atau waktu panen tiba.

Proses bikin ampo juga cukup unik. Pertama, campur tanah sama air, trus aduk sampe kalis dan dibentuk jadi kotak besar. Abis itu, kotak tadi diserut sampe jadi gulungan stik, terus dijemur dan dipanggang di atas tungku.

Katanya, rasa ampo itu mirip kacang, dan teksturnya renyah banget. Biasanya, camilan Tuban ini lu nikmatin bareng teh atau kopi, asik banget buat nemenin ngobrol.

Ampo juga katanya bisa buat sehatin pencernaan dan kadang-kadang dijadiin obat. Jadi, meskipun dari tanah liat, camilan khas Tuban ini tetep punya nilai kesehatan dan tradisi yang kental, geng!


Artikel ini telah diedit pada 12 Maret 2024

0 Comments

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved