Iklan

News Post

PENYAKIT KUTIL PADA DAUN Pengertian serta penangannya

 




Sekilas gambar ini terlihat bagus. Namun sebenernya ini adalah penyakit pada tumbuhan , biasa disebut , kutil daun, bisul daun, bintil daun. 
Munculnya bintil daun atau leaf galls pada tanaman tentu sangat tidak diharapkan oleh petani dan bikin rugi petani jika penyakit ini dialami oleh tanaman yg dibudidayakan petani.

Pengertian penyakit kutil pada daun

Benjolan keras dan berongga yang mirip buah berry hutan ini sebenarnya penyakit kutil. Benjolan tersebut dapat merusak bentuk daun hingga penampilannya menjadi tidak menarik.
Nama latin penyakit ini saya belum tahu. Barangkali pembaca ada yang tahu ,silahkan koment.
Melansir The Spruce, bintil daun pada dasarnya bukanlah suatu penyakit serius pada tanaman, namun keberadaannya dapat menggangu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Daunnya akan kekurangan nutrisi dan cepat layu.
Benjolan dan kelainan bentuk pada daun ini umumnya terjadi akibat adannya serangga atau organisme asing lainnya seperti bakteri, jamur, tungau, nematoda, dan bahkan virus.
Yang saya temukan pada gambar adalah sejenis ulat. 


Apa pun penyebabnya, organisme ini biasanya tidak hidup di daun atau meninggalkan telurnya. Kemungkinan besar serangga tersebut telah pergi sebelum bintil muncul.
Munculnya bintil daun umumnya adalah respons tanaman terhadap iritasi. Bintil keras ini juga bisa muncul pada batang dan bunga, namun yang paling sering ditemukan adalah bintil pada daun.
Meskipun kerusakan akibat hal tersebut tidak mengakibatkan kematian pada tanaman. Namun kondisi tersebut dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman akibatnya terganggunya fotosintesis pada daun.

Penanganan kutil pada daun

Meski tidak sedap dipandang mata, hal terbaik pertama yang dilakukan adalah membiarkannya begitu saja. Karena kerusakan biasanya terjadi sebelum tonjolan terbentuk, sehingga pengobatan dengan insektisida tidak disarankan.
Apabila masalahnya terus berulang, pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan minyak dorman untuk mengendalikan serangga pemakan daun. Minyak ini biasanya disemprotkan di awal musim semi, ketika daun muncul untuk pertama kalinya.
Meskipun tidak menimbulkan masalah serius bagi pohon, pembentukan bintil daun membutuhkan banyak energi dan nutrisi dari pohon, karena cara tersebut merupakan respon tanaman untuk menyembuhkan dirinya sendiri.
Pada awal musim tanam, pohon membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh dan berbunga. Sehingga munculnya bintil tersebut dapat melemahkan pertumbuhan dan menimbulkan stres pada tanaman. Hal ini dapat terjadi ketika konsentrasi bintil daun yang muncul sangat tinggi dan terjadi setiap tahun secara terus menerus.
Jika masalah ini terus berulang dan semakin parah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis serangga apa penyebabnya dan harus disingkirkan sebelum masuk musim tanam berikutnya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

0 Comments


Dapatkan update berita pilihan dan berita terbaru setiap hari dari D&B. Temukan kami di Google Berita, caranya klik DI SINI

© Copyright 2023 - Blog Novel dan Artikel lainnya