Iklan

Trending Today

TIPS & TRIK SEO YOUTUBE AGAR KLIK LINK TERDETEKSI PENCARIAN VIA GOOGLE OLEH YOUTUBE

 TIPS & TRIK SEO YOUTUBE AGAR KLIK LINK TERDETEKSI PENCARIAN VIA GOOGLE OLEH YOUTUBE




Buat para yutuber , salam sukses selalu. 
Tahukah anda bahwa youtube dapat mendeteksi sumber lalu lintas pengunjung yang menonton vidio kita. Agar Algoritma youtube tidak mendeteksi penyebaran link vidio kita sebagai SPAM, maka kita harus mengakalinya dengan sebuah trik. Trik agar konten vidio mudah dicari tanpa harus pusing mengingat judul tanpa terdeteksi sebagai lalu lintas dari eksternal. Mari kita simak penjelasannya.

pada gambar diatas kita bisa melihatnya pada tab statistik 
lalu pada bagian : 
Bagaimana penonton menemukan vidio anda 
ada beberapa laporan seperti dibawah ini 
- penelusuran youtube
- Halaman chanel
- Eksternal
- Rekomendasi vidio
- Fitur jelajah
- Lainnya

untuk tampilan mobile, harus donload aplikasi youtube studio. hapeku kentang, memorinya gak cukup jadi belum bisa ngasih screnshoot tampilan mobile. Nanti ya kalo hapenya udah jadi apel aku bakalan update artikel ini. 

PENJELASAN LAPORAN YOUTUBE TENTANG LALU LINTAS PENONTON VIDIO YOUTUBE

- Penelusuran youtube

lalu lintas dari penulusuran youtube yaitu ketika ada yang mencari konten vidio dengan mengetik keyword atau kata kunci. misal : lirik lagu pop , maka yang muncul adalah berbagai konten konten lirik lagu dari berbagai chanel youtube



setelah di klik enter atau cari maka tampilannya akan seperti dibawah ini

Untuk mengepush youtube agar mendeteksi vidio kita dari pencarian youtube adalah menyebarkan atau meminta atau menyuruh kawan ataupun kerabat untuk mencari vidio kita dengan cara mengetik judul konten vidio kita. Namun banyak para youtuber yang menuliskan judul sangat panjang dan terkadang ada tanda baca yang membuat kita susah ingat serta judul tersebut banyak pesaingnya, sehingga algoritma youtube tidak bisa membaca dan merekomendasikan vidio nya. 
jadi tipsnya adalah dengan riset kata kunci yang sedikit pesaingnya . Selain riset kata kunci, ada juga tips tips ampuh lainnya. 
kalian bisa melihatnya di  Tips SEO Youtube

- Halaman Chanel


Ini maksudnya adalah youtube mendeteksi penonton vidio kita yang mencari chanel youtube kita . 
Misal penonton youtube mengerikkan nama chanel youtube dari mesin pencarian maupun dari laman youtubnya langsung, maka youtube akan mengarahkan penonton ke Halaman chanel kita. 
jika penonton memilih vidio yang akan ditonton dari bagian sini, maka youtube akan mendeteksi bahwa penonton vidio berasal dari Halaman chanel

Tampilan halaman chanel adalah seperti ini


- Eksternal

Lalu lintas Eksternal adalah lalu lintas penonton yang biasanya nge klik tautan dari WA, facebook , maupun medsos lainnya. 
Bagi youtuber yang terlalu bersemangat, ia akan nge share linknya kemana mana secara massal , Cara seperti ini sering dianggap Spam oleh Algoritma youtube. Akibatnya Jumlah tayangan dan subscriber akan berkurang seperti lenyap begitu saja. 

Maka dari itu kita harus menggunakan trik khusus untuk menaikkan SEO vidio kita dan Terhindar dari lenyapnya jumlah tayangan dan subscriber. 

- Fitur Jelajah

Nah...... disinilah kita akan bahas tips & trik SEO youtube agar share link terdeteksi via google dan youtube akan merangkumnya di fitur jelajah. 

Sebagian besar dari kita adalah orang orang yang malas baca , malas ngetik , dan malas mengingat. Kita maunya yang simple, sekali klik nyampe. 

sedangkan fitur jelajah akan dipahami oleh Algoritma youtube jika penonton mencari atau mengetikkan judul vidio di mesin pencarian seperti google chromee, bing, firefox, opera dll.

Untuk memenuhi keinginan orang orang jama sekarang yang maunya sekali klik sampe, maka kita gunakan trik shortener url atau memendekkan  link url vidio youtube kita. 
Caranya adalah sebagai berikut. 


Saya akan mencontohkan dari hape dan menggunakan google chrome

TUTORIAL MEMENDEKKAN URL

- pertama adalah kita ke google chrome dan mengetikkan atau mencari dengan google voice judul konten vidio kita yang akan di share. 
Tampilan mobile.


Tampilannya adalah judul konten ada di kolom pencarian atas. Dan dibawahnya adalah konten konten vidio kita beserta judulnya. 


Kemudian klik atau tekan lama pada judul vidio yang akan dishare linknya. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini
kemudian klik salin URL .

URL ini lah yang akan dipendekkan. Jangan samapi keliru yah. Contoh URL yang benar yang harus dipendekkan adalah URL seperti ini Contohnya : "https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjp0pryr9n7AhW0RWwGHRFSDvEQtwJ6BAgKEAI&url=https%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3D7lU6Xvbk7E0&usg=AOvVaw2O_YJ0XVKh8JUac_IHSPt4"

jangan sampai keliru ya teman teman. Link di atas adalah link judul vidio yang diambil dari laman google. Sedangkan Link dibawah ini adalah Link Halaman chanel yang di ambil dari laman google juga. Jadi... jangan sampai keliru dalam mengambil Link .
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjp0pryr9n7AhW0RWwGHRFSDvEQFnoECAgQAQ&url=https%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2F%40dwiratnasusanti8714&usg=AOvVaw0e6zxgiHUhcsbS1lCqORiU

Jika anda memendekkan URL ini dan nge share link nya, Maka Algoritma akan membacanya sebagai lalu lintas Dari Halaman Chanel, bukan dari Fitur Jelajah.

Jika kalian mengambil Link vidio dari laman youtube langsung, maka Linknya akan seperti ini contohnya : 
https://youtu.be/2u6IfF6Cjik

Dan berikut ini adalah contoh link Halaman chanel yang diambil dari laman youtube langsung 
https://www.youtube.com/channel/UCbHOTUGRAYSynf9e7IkraWg

Nah...... Setelah anda mendpatkan URL yang tepat Anda bisa mengunjungi aplikasi pemendek url. Jika tidak ada aplikasinya maka bisa langsung ke websitenya langsung. Caranya: kita ketikkan pemendek url 


Perhatikan kotak merah. setelah kalian mengetik dan meng klik kata kunci di kolom pencarian , maka akan muncul tampilan seperti diatas. Kemudian kalian klik tulisan berwarna biru, bebas aja sih mau pilih yang di urutan berapa. Tapi aku lebih suka milih diurutan yg pertama karena gak usah scrol kebawah. 

setelah kalian meng klik tulisan warna biru, maka kalian akan di arahkan ke laman pemendek url. tampilannya akan seperti ini 

kalian tempel atau salin Link yg sudah kalian dapatkan di kolom yang saya kasih tanda kotak merah. setelah itu kalian perhatikan kotak berwarna biru pada gambar dibawah ini. kalian klik tombol tersebut


kemudian akan muncul captcha . klik kotak yg saya beri tanda panah maka akan muncul 
tanda centang. setelah itu, kalian akan diarahakan untuk mengisi persetujuan captcha. perhatikan tanda panah . kerjakan dengan benar kemudian klik tombol memeriksa seperti yang saya beri tanda kotak merah dibawah ini.

setelah kalian klik tombol memeriksa , jika kalian salah maka akan diulang perintah tersebut jika benar maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

Selamat... URL anda telah selesai di pendekkan. Perhatikan kotak berwarna merah, itu adalah tombol untuk meng copy link yang telah selesai dipendekkan. 
Link siap disebar luaskan.

Jika kalian ingin memendekkan URL lainnya, klik Buat lagi yang tombolnya juga berwarna merah. 

Selamat mencoba..... Terimakasih

0 Comments

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved