Iklan

Trending Today

Fakta menarik seputar Hujan

 Fakta menarik seputar Hujan






Hujan adalah Rahmat untuk seluruh makhluk . Menurut Islam Allah berfirman dalam Al-Qur'an "Dan dialah yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan dialah yang maha pelindung lagi maha terpuji" (QS.Asy-syuura:28)

Pengertian hujan menurut Wikipedia:

Hujan adalah presipitasi/kondensasi uap air di atmosfer.

Ini dia fakta menarik seputar Hujan


- setiap kali turun hujan pasti ada bau khas .
- suara hujan bisa menenangkan jiwa.
- Sering kali inspirasi atau ide ide muncul saat hujan turun.
- suara geledek bisa membuat kita sadar diri ataupun mawas diri.
- kilatan yang menyambar bisa mengingatkan kita bahwa kita itu kecil.
- bermain air hujan bisa membuat kita bahagia. Kalo gak percaya ,ayo kita main hujan hujanan.

Penjelasan tentang fakta menarik seputar Hujan

Setiap kali turun hujan pasti ada bau khas


Bau khas yang muncul saat hujan turun  disebut juga sebagai petrikor.

Petrikor adalah senyawa yg dihasilkan oleh bakteri yg ada di dalam tanah. 
Menurut penelitian para ilmuwan, petrikor terjadi karena tetesan air hujan yang jatuh ke tanah membuat bakteri penghuni tanah bermunculan dan mengeluarkan zat senyawa yang disebut geosmin. 

Peneliti juga menemukan bahwa aroma khas yang muncul saat hujan terbentuk oleh senyawa yang dikeluarkan oleh bakteri atau geosmin beserta senyawa yang dikeluarkan oleh tanaman atau bunga yang tumbuh disekitar tempat tersebut.

Maka dari itu bau khas di berbagai tempat pasti tidak sama. Apalagi kalo ditempat pembuangan sampah. Dimana tempat pembuangan sampah menyimpan banyak macam bakteri . Bakteri bakteri tersebut akan mengeluarkan zat senyawa yang bermacam-macam dan akan menghasilkan aroma yang sangat menyengat dan terkadang sangat mengganggu .

Suara hujan bisa menenangkan jiwa

 

Suara hujan benar benar bisa menenangkan jiwa bagi penikmatnya. Jika kalian tidak menikmati suara hujan, maka kalian tidak akan bisa merasakan ketenangan jiwa dalam peristiwa hujan.
Jika kalian ingin merasakan sensasi ketenangan jiwa saat hujan turun, lakukan seperti meditasi. Misalnya duduk tenang, atur nafas, pejamkan mata dan dengarkan suara gemericik hujan dengan seksama. Jangan takut jika ada suara menggelegar disela sela hujan. Tetap tenang dan santai namun tetap waspada. 

Sering kali inspirasi atau ide ide muncul saat hujan turun


Inspirasi atau ide memang bisa muncul kapan saja. Terutama diwaktu hujan begini. Ini saja saya nulis hujan karena terinspirasi oleh hujan itu sendiri. Bukan hanya tulisan yang saya buat. Vidio pun saya buat untuk konten konten tertentu .


Suara geledek bisa membuat kita sadar diri atau mawas diri


Suara geledek biasa terdengar saat hujan akan turun atau sedang turun hujan. 
Suara geledek atau Guntur berasal dari electron yang mampu menembus ambang batas isolasi. 
Biasanya Guntur atau geledeg akan terdengar setelah terjadinya kilatan petir. Beberapa second setelah kilatan petir , setelah itu baru suara Guntur menggelegar. Besar kecilnya suara Guntur dihitung berdasarkan jarak antara kilatan petir dan suara Guntur.

Bagaimana suara Guntur atau geledek bisa membuat kita sadar diri ataupun mawas diri? 
Biasanya respon kita terhadap bunyi bunyi yg keras adalah kaget dan segera tersadar dari lamunan. Kita juga akan lebih mawas diri atau berhati hati. mungkin juga berjaga jaga manakala akan terjadi turun hujan. Jadi kita bisa menyiapkan segala sesuatu untuk menghadapi segala hal yang kira kira akan terjadi. 

Kilatan yang menyambar bisa membuat kita sadar bahwa kita itu kecil


Kilat terbentuk dari gesekan awan. Awan memiliki muatan negatif dan juga muatan positif. Ketika muatan negatif bergesekan dengan muatan positif, maka akan menimbulkan arus listrik dan terjadi kilatan. 

Kita bisa saja tersambar petir jika berada dalam jarak yang dekat dengan petir. 

Seberapa jarak anda dengan petir bisa di hitung dari jarak waktu antara petir dan Guntur. 
Jika anda bisa menghitung jarak anda dengan petir, setidaknya anda tahu kalau anda harus berada di area yang aman . 
Namun kita tidak bisa menghindar dari ketetapan Tuhan, karena kita itu kecil. Dimana pun kita berada,tuhan akan dengan mudah menemukan kita. 

Bermain hujan hujanan bisa membuat kita bahagia


Bagi sebagian besar masyarakat menganggap hujan adalah musibah, jika terkena hujan pasti sakit. Begitulah mindset kebanyakan orang orang. 
Padahal hujan itu anugrah, hujan itu menenangkan dan menyenangkan. 
Anak anak suka sekali bermain hujan. Orang dewasa pun menikmati hujan hujanan jika mereka mendadak terjebak hujan. Bagi yang berpikiran positif,maka mereka tidak akan sakit setelah kehujanan. Bagi mereka yang berpikir bahwa mereka akan sakit jika terkena hujan,maka sakitlah dia. 

Namun hujan hujanan juga tidak boleh terlalu lama. 
Dan buat kalian yang tidak suka hujan hujanan sebaiknya menggunakan jas hujan. Jas hujan yang recomend bisa di beli di sini https://s.lazada.co.id/s.8NBSX




2 Comments

  1. Banyak hal hal baik yang ada dalam hujan. Saya pernah membaca sebuah iktibar, tentang tidak boleh mengesalkan hujan, bisa jadi ia turun karena doa doa petani yang butuh air

    ReplyDelete

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved