Iklan

Trending Today

TIPS MERAWAT BAYI KEMBAR TANPA PENGASUH AGAR TIDAK REPOT

 TIPS MERAWAT BAYI KEMBAR TANPA PENGASUH AGAR TIDAK REPOT


Memiliki bayi kembar memang impian banyak pasangan di dunia ini. Namun mengurus bayi kembar jika tanpa keahlian akan sangat merepotkan. Berikut ini kami berikan tips merawat bayi tanpa pengasuh maupun tanpa bantuan keluarga terdekat. 

Beberapa tips & trik merawat bayi kembar diantaranya sebagai berikut:

1. Gunakan Beberapa alat untuk menujang ayah dan bunda menidurkan ,menyusui, dan memandikan bayi.
2. Ajak pasangan untuk bekerja sama merawat bayi kembar
3. Atur jadwal tidur bayi kembar
4. Susui bayi kembar secara bergantian.
5. Jika sudah di beri makan pun, suapin si kembar secara bergantian dengan satu tempat makan saja.
6. Mandikan bayi kembar secara bersamaan .
7. Catat jadwal ganti pampers bayi kembar. 
8. Jangan pernah pisahkan bayi kembar . 


Berikut ini adalah penjelasan tentang poin poin utama diatas dalam merawat bayi kembar. 

1. Menggunakan Beberapa alat untuk menujang ayah dan bunda menidurkan ,menyusui, dan memandikan bayi kembar.


Untuk menunjang aktifitas merawat si kembar, selain peralatan wajib untuk bayi, bunda juga  memerlukan peralatan yang di double seperti bantal untuk menyusui , tempat memandikan bayi kembar yang ada fungsi safety nya , alat untuk menidurkan bayi secara bersamaan seperti ayunan atau apapun , alat untuk mengajak bayi keluar secara bersama sama keduanya seperti stroller maupun hipseat. Stroler adalah semacam kereta dorong untuk bayi. Hipseat adalah gendongan model kanguru, jadi bisa digunakan oleh ayah untuk menggendong satu bayi kembar tanpa kendala.

2. Ajak pasangan untuk bekerja sama merawat bayi kembar

Sebagai orang tua, kita wajib merawat anak anak kita dengan penuh kasih sayang. Jadi... untuk para Ayah pun harus ikut andil dalam mengurus anak anak yang masih kecil. Dalam mengurus bayi kembar Ayah dan Bunda harus saling bekerja sama. Misal jika Bunda sedang menyusui satu bayi, maka sang Ayah harus memegangi bayi yang satunya lagi agar tidak rewel ataupun agar bayi yang satunya tenang saat menunggu saudaranya sedang menyusu. Saat Bunda memandikan bayi ,  ayah harus menyiapkan baju dan popok , minyak telon agar setelah si kembar mandi , bunda tidak perlu repot menyiapkannya lagi . Jika jalan jalan keluar pun peran Ayah sangat dibutuhkan misal saat mendatangi pusat kesehatan ataupun hanya sekedar jalan jalan saja. Belum lagi jika bayi kembar sedang sakit, pasti bunda akan semakin kerepotan jika Ayah tidak membantunya. 

3. Atur jadwal tidur bayi kembar

Sebagai orang tua, kita juga pasti mempunyai aktifitas lain seperti mandi , makan dll. Ayah pun perlu bekerja. Jadi biasakan tidurkan bayi kembar pada jam jam dimana Ayah dan Bunda akan melakukan aktifitas Tertentu. Tips Menidurkan bayi kembar sama halnya seperti menidurkan bayi  biasa , hanya sedikit lebih repot bayi kembar karena harus menidurkan dua bayi sekaligus. Jika sudah terbiasa maka selanjutnya juga akan teratur jam tidurnya . 

4. Susui bayi kembar secara bergantian.

Menyusui bayi kembar merupakan hal yang paling sulit dan merepotkan. Namun kita bisa mencoba beberapa trik menyusui bayi kembar. Cobalah untuk mencoba trik trik yang bunda kuasai seperti Menyusi bayi secara bergantian per sekian menit . Atau menyusui bayi secara bersamaan dengan bantuan bantal menyusui. Jika ada Ayah dirumah, Ayah bisa bantu untuk memegangi bayi kembar dalam menyusu ku ibunya. 


5. Jika sudah di beri makan , suapin si kembar secara bergantian dengan satu tempat makan saja.

Dilansir dari laman halodoc, usia bayi yang pas untuk di beri MPASI adalah 6 bulan. Mempunyai bayi kembar bukan berati ayah bunda harus mempunyai semua peralatan secara double. Misalnya saja tempat makan, untuk tempt makan tak perlu double yah ayah bunda. Akan sangat merepotkan jika bayi kembar di beri makan secara terpisah. Gunakan satu peralatan makan saja dan suapi si kembar secara bergantian. Cara ini akan lebih efektif dan efisien dan bisa dilakukan Bunda walaupun tanpa bantuan Ayah. 

6. Mandikan bayi kembar secara bersamaan .

Tips memandikan Bayi kembar berbeda trik dengan memandikan satu bayi saja. Karena ini ada 2 bayi yang langsung dimandikan secara bersamaan, maka Bunda memerlukan alat untuk menunjang pekerjaan memandikan bayi. (beli disini)

contoh gambar alas mandi yang safety :

atau bisa juga bak mandi yang cukup safety , contohnya seperti ini

Namun setelah memandikan bayi, Bunda membutuhkan bantuan ayah untuk menggendong bayi satu persatu. Ayah bisa menggendongkan bayi satunya dan satunya lagi digendong Bunda. Karena akan sangat berbahaya jika digendong bersamaan karena basah dan agak licin. Sedangkan jika digendong satu  persatu pun takut terjadi apa apa jika bayi yang satunya ditinggal.

7. Catat jadwal ganti pampers bayi kembar. 

Biasanya bayi kembar mempunyai aktifitas yang bersamaan seperti pipis ataupun Pub. Jadi Bunda perlu mencatat atau mengingat dan meneliti kapan bayi harus ganti popok. Caranya cek salah satu bayi apakah popoknya harus diganti atau belum, kemudian cek lagi bayi satunya. catat atau ingat waktunya.
Jika Bayi kembar rewel atau hanay salah satu saja yang rewel, coba cek popoknya , apakah sudah waktunya ganti atau belum. Selalu perhatikan kedua bayi kembar tersebut. Karena biasanya  bayi kembar mempunyai kebiasaan yang sama dalam jeda waktu yang sebentar. Bunda dan Ayah harus bisa memahami aktifitas atau persaan sang bayi kembar. 

8. Jangan pernah pisahkan bayi kembar . 

Bayi kembar mempunyai ikatan bathin secara emosinal , jika salah satu dipisahkan, biasanya satunya akan merasa kehilangan dan akan tidak nyaman sehingga menjadikan bayi kembar menjadi rewel. Jadi jangan pisahkan Bayi kembar walaupun saat tidur. Bunda tak perlu berpikir jika bayi yang satu rewel akan mengganggu tidur bayi yang satunya lagi . Justru jika Bayi satu rewel dan Bayi satunya tidak rewel akan menjadi pembiasaan bagi salah satu bayi agar tidak terpengaruh oleh tangisan saudaranya saat tidur. Karena sudah terbiasa , maka bayi satunya tidak akan merasa terganggu. 

0 Comments

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved