Iklan

Trending Today

TIPS MERAWAT BAYI BARU LAHIR TANPA PENGASUH

 TIPS MERAWAT BAYI BARU LAHIR TANPA PENGASUH







Sebagai seorang ibu, Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa cara merawat bayi baru lahir yang benar tanpa mengandalkan pengasuh. Selain lebih lekat dengan anak, pengasuhan bisa lebih berhasil karena orangtua langsung yang menangani. Jika ibu dan ayah sudah mantap memutuskan merawat anak tanpa pengasuh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Cara merawat bayi yang baru lahir

Merawat bayi yang baru lahir mungkin tidak mudah bagi para orangtua baru. Nah, berikut panduan yang bisa Anda ikuti di rumah . Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut

-Menggendong bayi
-Memandikan bayi
-Merawat kulit bayi
-Mengganti popok bayi
-Menenangkan bayi
-Menyusi
-Menidurkan bayi

Menggendong bayi

Kebanyakan orangtua baru mungkin merasa takut atau ragu untuk menyentuh bayi mereka yang baru lahir, apalagi menggendongnya. Namun,menggendong bayi merupakan salah satu cara membangun ikatan batin dengan buah hati Anda.
Anda sebetulnya tidak perlu takut membuat bayi jadi tidak nyaman,dan berpikir akan mencederainya, selama cara menggendongnya tepat. Usahakan untuk membuat diri sendiri serileks mungkin sebelum mengangkat bayi.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat menggendong bayi, yaitu:

- Mencuci tangan sebelum menggendong bayi.

- Menopang kepala dan leher bayi saat menggendongnya karena otot dan tulangnya belum kuat untuk menyangga kepala bayi.

- Tidak disarankan untuk mengayun ayunkan tubuh bayi terlalu kencang karena bisa menyebabkan perdarahan di otak

Memandikan bayi

Memandikan bayi yang baru lahir juga merupakan bagian dari cara merawat anak yang memiliki tantangan tersendiri.
Dilansir dari laman  jonson , bayi baru lahir sebaiknya hanya dilap hingga tali pusat puput dan sembuh total. Tapi pada jaman dahulu bayi dimandikan dengan air hangat kuku dan dicampur air rebusan berbagai rempah rempah ramuan turun temurun.
Tali pusat biasanya puput dalam 1-4 minggu setelah persalinan.
Saat mengelap bayi, baringkanlah si kecil di atas permukaan yang empuk dan rata seperti kasur. Basahi waslap dengan air hangat dan usap tubuh bayi dari wajah hingga ke kaki.
Namun, Ibu juga bisa memandikan di bak air hangat. Mandikanlah si Kecil dengan sabun dan sampo khusus bayi. Bisa juga diganti dengan jeruk keris/purut

yang direbus ataupun asam matang . Setelahnya, keringkan area tali pusat dengan benar.


Tips merawat tali pusat

Pada jaman dahulu paparaji merawat tali pusat bayi dengan cara diberi taburan rempah racikan, kemidian seiring berjalananya waktu hal itu berubah menjadi digunakannya betadine dan kain kasa untuk merawat tali pusat bayi. 

Jangan laukakan hal tersebut di jaman sekarang. Karena cuaca dulu dan sekarang berbeda, maka kekebalan tubuh bayi pun berbeda. Untuk saat ini cukup dijepit aja dengan penjepit khusus tali pusat bayi dan jaga agar tidak basah dan lembab. Keringkan dengan hati hati setelah memandikan bayi. 

Merawat kulit bayi

Salah satu cara terbaik merawat kulit bayi baru lahir adalah memastikan semua produk perawatannya  sesuai dengan kulitnya.  Produk perawatan bayi idealnya dibuat dengan formulasi bahan ringan dan  lembut di kulit.

Pastikan juga produk yang Anda beli sudah terdaftar di situs Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar terjamin keasliannya.

Mengganti popok

Yang paling utama dalam mengganti popok bayi adalah Jangan pernah merasa jijik dengan popok anak anda sendiri. 

Cara mengganti popok bayi :

  1. Lepaskan popok dengan membuka perekat, kemudian lipat kembali perekat tersebut agar tidak menempel di kulit si kecil.

  2. Pegang kedua pergelangan kaki si kecil dan angkat pantatnya secara perlahan agar Anda bisa menarik popok yang kotor.

  3. Ambil bagian depan popok, lipat hingga menutupi bagian yang kotor dan selipkan di bawah pantatnya.

  4. Dengan tisu basah atau kain lap lembap, bersihkan daerah kelamin dan sekitarnya dengan mengusap perlahan dari depan ke belakang. Menyeka dari depan ke belakang mencegah penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kencing.

  5. Jangan lupa bersihkan juga sela-sela lipatan kulit selangkangan bayi dan pastikan area kelamin bayi benar-benar bersih dari kotoran.

  6. Pakaikan kembali popok yang masih baru dengan mengangkat pantat bayi perlahan dan selipkan popok dibawahnya. rekatkan.
  7. Lipat dan rekatkan popok yang kotor agar isinya tidak tumpah. Masukkan ke dalam kantong plastik dan buang ke tempat sampah.

Perlu diingat ayah bunda ,gantilah popok segera ketika mulai basah oleh urin atau feses. Bersihkan area pantat bayi, lipatan paha, dan kemaluannya dengan air hangat.

Menenangkan bayi

Bayi rata-rata bisa menangis selama dua jam sehari selama tiga bulan pertamanya. Namun, tak perlu khawatir karena ini normal. Tangisan bayi sangat baik untuk latihan pernafasan bayi.
Cara terbaik untuk menenangkan bayi yang menangis adalah menggendongnya dalam dekapan. Sementara itu, bersenandunglah dengan suara yang lembut dan halus. Jika cara ini masih belum berhasil, usap-usap lembut punggung atau bagian lainnya si Kecil hingga si kecil merasa nyaman.
Jangan panik, karena bayi masih sensitif dan peka. Jika ayah bunda merasa panik, bayi akan merasa tidak nyaman. Tenangkan diri ayah bunda kemudian Ayah Bunda akan menularkan rasa tenang ke si kecil. 
Keahlian menenangkan tangisan penting dimiliki orangtua sebagai salah satu cara merawat bayi yang baru lahir.

Menyusui

Makanan terbaik untuk bayi baru lahir adalah air susu ibu (ASI). Bayi baru boleh diberi makanan tambahan setelah usianya 6 bulan. Susui si kecil sesering mungkin. Caranya : Gendong bayi mengarah ke payudara ibu bayi dekatkan mulut bayi ke puting, biarka si kecil mencari sumber makanannya sendiri. Ibu menyusui harus merasa tenang dan sesekali menarik nafas panjang kemudian menghembuskannya. 
Setelah itu, buatlah si Kecil bersendawa untuk mengeluarkan udara yang masuk ke perutnya selama mengisap ASI. Jika tidak, gas dapat membuat perutnya kembung dan tidak nyaman.Caranya, tegakkan tubuh bayi dengan posisi kepala di atas bahu Anda kemudian topang kepala dan punggungnya. Tepuk-tepuk lembut punggung si Kecil dengan tangan Anda yang lain.

Menidurkan bayi

Bayi yang baru lahir akan lebih banyak tidur. Dilansir dari laman Stanford Children's Health, bayi yang baru lahir butuh tidur sekitar 16 jam dalam sehari.

Namun, bayi biasanya akan terbangun setiap 2 sampai 4 jam sekali karena kelaparan. Oleh karena itu, jika dalam 4 jam bayi tak kunjung bangun, bangunkan ia untuk disusui.

Agar tumbuh kembangnya optimal, pastikan bayi Anda cukup tidur setiap harinya. Menidurkan bayi dengan posisi terlentang adalah pilihan yang bijak untuk bantu mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak. 

References:
-https://www.johnsonsbaby.co.id
Editor 
-Dwi Ratna Susanti


0 Comments

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved