Iklan

Trending Today

MEMAHAMI DAN MENGENALI KEPRIBADIAN ANAK SEJAK DINI

MEMAHAMI DAN MENGENALI KEPRIBADIAN ANAK SEJAK DINI


PENGERTIAN KEPRIBADIAN ANAK

Kepribadian anak adalah pola perilaku dan sikap terorganisir yang dapat membuat seorang anak menjadi individu dengan karakter yang unik. 
Sebenarnya anak sudah memiliki kepribadian sejak lahir. Kita sebagai orang tua nya harus bisa memahami dan mengenali kepribadian anak sejak dini. Karena perkembangan kepribadian anak akan berubah seiring bertambahnya usianya sedikit demi sedikit. 
Jika kita bisa memahami dan mengenali kepribadian anak sejak dini, maka kita akan bisa memberikan pola asuh yang tepat untuk anak anak kita. 


Orang orang sekitar, misalnya ayah ibu kakek nenek adik kakak guru dan juga teman bermain  berperan penting dalam proses pengembangan kepribadian yang baik pada anak. 
 Setiap orang memiliki pribadi yang berbeda dan hal ini juga berlaku untuk anak anak. Tidak ada satu pun anak yang memiliki kepribadian sama persis walaupun mereka adalah anak kembar. 
Pada umumnya , kepribadian anak sudah ada sejak bayi. Itu merupakan cerminan kepribadian bawaan dari gen yang diwariskan oleh kedua orangtuanya. Tapi, kepribadian pun akan berubah saat anak sudah bisa berinteraksi dan meniru orang lain.
Aku pernah baca dari Encyclopedia of Children’s Health, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi terbentuknya kepribadian anak. 

Faktor yang mempengaruhi pribadi anak.

- Sifat dasar
- Kondisi keluarga
- kondisi Lingkungan
- Pergaulan teman sebaya

  

JENIS KEPRIBADIAN ANAK BERIKUT CARA POLA ASUH YANG TEPAT.

Berikut ini beberapa jenis kepribadian anak dan pola asuh yang perlu orang tua pahami:

  • Anak Pemalu

Anak pemalu terlihat diam dan tidak mau jauh-jauh dari orangtuanya. Saat anak berada di lingkungan yang terdapat banyak orang , mereka akan mungkin sulit beradaptasi dengan hal baru . Anak dengan tipe ini cenderung pendiam, namun mereka tetap bisa bersosialisasi.
Tak perlu memaksa mereka berbaur langsung ke lingkungan. Perlahan lahan contohkan cara bersosialisasi dengan yang lainnya di depan anak. walaupun anak itu pemalu, dia juga bisa belajar dari orang tuanya. seiring bertambahnya usia , ilmu dan pengalaman akan sedikit merubah sifat pemalu anak. 
Orangtua harus sering mengajak anak yang pemalu untuk bertemu dengan orang lain agar perlahan-lahan rasa malunya ini sedikit berkurang dan anak mau bersosialisasi dengan orang lain. 
  • Anak Petualang
Anak petualang biasanya aktif. Sering menganggap segala hal di sekitarnya memiliki daya tarik dan membuat mereka selalu merasa penasaran. Mereka ingin melihat, melakukan, dan merasakan semua hal yang baginya menarik dan menantang.
Tapi, ini bisa membuat orangtua sedikit kerepotan menjaganya. Kita perlu tenaga ekstra untuk menjaganya, dan anak dengan tipe ini cenderung akan menjadi anak yang mandiri. Saat di rumah, pastikan orangtua menjauhkan benda tajam dan tak lupa pula memberi tau efek bahaya yang terjadi jika anak anak menggunakan benda tajam tanpa pengawasan orang tua. 
  • Anak Peduli
Anak  peduli cenderung untuk lebih mudah berempati dengan orang lain.Mudah menangis dengan alasan yang tak jelas. anak seperti ini juga takkan ragu berbagi mainan dengan teman bermainnya atau menawarkan bantuan pada orangtuanya seperti membantu pekerjaan rumah. 
Untuk pola asuh anak yang peduli sama orang lain, kita harus selalu mencontohkan hal baik seperti berbagi dengan sesama, saling tolong menolong, & menghormati yang lebih tua. 
Kepribadian seperti ini harus di asah dan dipupuk. Namun selakyu ajarkan untuk tidak berlebihan agar tidak di manfaatkan oleh orang lain secara berlebihan. 
Selalu dampingi anak berkepribadian peduli, karena dia akan merasa tidak nyaman jika menemuykan banyak masalah di sekitarnya. 
Rasa empatinya akan membuat dia memikirkan banyak hal untuk bisa membantu sesama. 


  • Si Pemikir
Anak dengan tipe kepribadian ini umumnya sering membantah dan  menanyakan alasan mengapa ia harus melakukan sesuatu, atau bertanya tentang banyak hal. Hal seperti ini tentunya membuat orangtua harus banyak bersabar menghadapinya.
Hindari memarahi ataupun membentak anak dengan tipe pemikir. Dia akan cenderung memberontak jika dimarahi ataupun dinasehati sekalipun. 
Saat anak bertanya seperti mengapa ia harus melakukan sesuatu, coba katakan bahwa kamu akan menjelaskannya saat anak selesai melakukannya. 
Ingat, anak dengan kepribadian pemikir umumnya memiliki nalar yang baik dan bisa tumbuh menjadi anak yang sangat cerdas. 
selalu dampingi anak berkepribadian seperti ini, karena dia akan banyak berpikir dan bertanya.
  • Sang Seniman
Anak dengan bakat natural ini akan menunjukkan kemampuan dan kesukaan mewarnai, menggambar atau membuat kerajinan tangan yang lebih baik daripada anak lain seusianya. Jadi orang tua perlu menyiapkan tempat khusus dan juga tempat kursus untuk anak agar ia bisa bebas berkarya dan mengembangkjan bakatnya. Biarkan anak mengekspresikan bakatnya misalnya menentukan warna dan gambar yang dia ingin lukiskan ke dalam tempat tersebut. 
Yang perlu orang tua lakukan adalah mengarahkan dan memberi peroperti yang dibutuhkan anak untuk berekspresi.
  • Si Pusat Perhatian
Anak tipe ini biasanaya terlihat menggemaskan, pintar berbicara dan melakukan percakapan dengan orang lain walaupun intonasi kata katanya belum jelas. Dia akan menjaga performa dalam interaksinya dengan orang banyak, sehingga ia memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi. Anak dengan tipe kepribadian ini sering sekali mencari perhatian orang disekitar karena dia berpikir dialah si pusat perhatian.Dia cenderung pandai bergaul dan memiliki kemampuan verbal yang baik.
Sehingga ia akan senang jika dilibatkan untuk bernyanyi, menari, atau bercerita di depan teman-temannya. Jangan hentikan semangatnya untuk mengasah kemampuannya. Dan orang tua harus tetap  mengingatkan anak agar selalu rendah hati atau jangan sombong.

Itulah jenis tipe kepribadian anak dan pola asuh yang perlu diketahui orangtua.
diatas itu adalah sedikit contoh pola asuh orang tua kepada anak dengan beberapa jenis tipe kepribadian anak. Masih banyak lagi pola asuh yang perlu diterapkan kepada anak dengan kepribadian yang berbeda beda. 
Referensi:
How Does She. Diakses pada 2022. Understanding Your Different Types of Children.
Reedsy. Diakses pada 2022. Types of Characters Featured in Almost All Stories.


0 Comments

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved