Iklan

Trending Today

13 HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN DIDEPAN ANAK


 

13 HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN DI DEPAN ANAK

 


                                                                                            gambar diambil dari facebook parenting

Menjadi orang tua adalah hal yang paling amazing di dunia ini. Banyak hal yang perlu di perhatikan , dipelajari dan di praktekkan dalam mendidik anak anak kita. Berikut ini ada 13 hal  yang tidak boleh dilakukan oleh orang tua di depan anak.

13 HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN DIDEPAN ANAK.

 

1.     BERTENGKAR DENGAN PASANGAN
2.     BERCINTA / MELAKUKAN SEKS DENGAN PASANGAN
3.     BERCANDA BERLEBIHAN
4.     MEMUKUL
5.     MENGGUNAKAN GADGET TERLALU LAMA
6.     MENGUNYAH MAKANANAN SAMBIL BICARA
7.     MAKAN SAMBIL BERJALAN
8.     MENBULLY ORANG
9.     MENGGIBAHI TETANGGA
10.  MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN
11.  BERBUSANA TERBUKA
12.  BERKATA KASAR
13.NGEBUT  SAAT MENGENDARAI KENDARAAN MEMBONCENG ANAK


 

         Berikut ini adalah penjelasan dari poin poin diatas. Kami akan membahasnya satu per satu secara tuntas.

1. BERTENGKAR DENGAN PASANGAN

Ayah bunda, hal seperti ini tidak boleh dilakukan didepan anak. Jika kalian hendak berdebat atau bertengkar hendaklah masuk ke kamar agar tidak diketahui oleh anak. Sebisa mungkin, hindari pertengkaran dengan pasangan. Karena hal seperti akan membuat anak depresi dan cenderung murung.

2. BERCINTA ATAU MELAKUKAN SEX DIDEPAN ANAK.

Hal seperti ini tidak boleh dilakukan didepan anak ya ayah bunda. Kalian harus memberi edukasi sex sesuai umur anak kalian masing masing. Anak adalah peniru ulung. Walaupun anak tidak memahami segala hal, namun otaknya merekam dengan jelas dan cenderung ingin mempraktekkannya.

 3.BERCANDA BERLEBIHAN

Bercanda dengan pasangan adalah hal yang dianjurkan dalam rumah tangga maupaun dalam pola asuh anak agar tercipta kedekatan emosi anatr keluara. Namun. Perlu diketahui brcanda tidak bleh berlebihan ya moms. Apa dan bagaimana sih bercanda yang berlebihan itu?

 

4.MEMUKUL

Ayah bunda harus hati hati yah, jangan sampai melalukakn kekerasaan di depan anak karena nanti anak akan meniru perbuatan tersebut. Memukul adalah perbuatan buruk. Ayah bunda harus bisa meredam emosi. Jangan sampai asa kejadian saling memukul. Baik itu memukul seseorang maupun memukul hewan, hal itu tidak bileh dilakukan didepan anak. Jika hal itu dilakukan didepan anak , sama halnya anda mengajarkan hal seperti itu.

Anak adalah peniru yang ulung. Memori otaknya yang masih sedikit membuat dia merekam kejadian dan menyimpannya di otaknya dengan mudah . Jadi hati hati jika berlaku didepan anak.

 

5. MENGGUNAKAN GADGET TERLALU LAMA

 

Zaman sekarang gadget memang penting digunakan. Hampir semua pekerjaan memerlukan gadget. Ayah bunda harus bijak dalsam mengggunakan gadget. Sebisa mungkin jika sedang Bersama anak jangan menggunakan gadget terlalu lama. Kita harus menyiapkan waktu untuk mengurus kerjaan lewat gadget sendiri. Jangan sampai melakukannya didepan anak anak. Usahakan tidak menggunakan gadget didepan anak ya ayah bunda. Jika ada sesuatu yang penting yang mengharuskan anda membuka gadget anda, maka agak menjauhlah dari anak. Beri jarak. Jangan sampai anda melakukannya didepan anak.

6. MENGUNYAH MAKANAN SAMBIL BICARA

Mengunyah makanan sambil bicara juga merupakan contoh yang kurang baik. Makan juga ada tata cara nya yang baik atau disebut juga adab makan.

 Budayakan beretika saat makan. Ajarkan tata cara ataupun peraturan makan yang baik dan benar sejak dini . Beberapa tata cara atau peraturan saat makan adalah sebagai berikut :

Ø  Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan

Ø  Berdoa sebelum makan

Ø  Makan dengan porsi secukupnya

Ø  Makan dengan mulut tertutup dan tidak bersuara.

Makan dengan mulut tertutup adalah poin yang kita bahas disini Yaitu dengan tidak bersuara, mengecap dan juga berbicara. Kata orang tua, jika  makan sambil mengecap akan membuat kita kurang nafsu makan. Makan sambil berbicara akan membuat kita tersedak.

7.MAKAN SAMBIL BERJALAN maupun TIDURAN

Masih dalam bab makan, Makan juga tidak bileh sambil berjalan maupun tiduran. Adab makan adalah Duduk. Makan sambil berjalan mencontohkan kita seperti hewan yang kalau makan sambil jalan. Kita ini manusia, maka jangan tiru gaya hewan yang makan sambil berjalan.

8. MEMBULLY ORANG

Membully orang adalah kegiatan mengata ngatain orang , menjelekkan, berkata kasar, berkata kuang baik, meledek, memojokkan dan lain sebagainya yang mengakibatkan orang yang menjadi sasaran menjadi trauma ataupun juga sakit hati. Hal seperti ini tidak boleh dilakukan apalagi didepan anak anak, sangat tidak baik. Jika anda sering melalukan hal seperti ini didepan anak ataupun anda yg membuly anak anda, maka anak akan menjadi pribadi yang kurang baik.

9. GOSIP ATAU MENGGIBAHI TETANGGA

Dalam rumah tangga, pasti antar keluarga ada yang Namanya komunikasi atau obrolan. Hindari obrolan yang menggibahi orang lain atau jika tidak memungkinkan, pastikan tidak menbicarakannya didepan anak. Anda tidak mau kan anak menjadi orang yang suka nguping atau kepoan dan kemudian berlanjut menjadi tukang gossip. Namun anak yang sering di hadapkan dengan keadaan ini mungkin nantinya akan jadi wartawan ataupun presenter gossip. Itupun jika nasib anak anda bagus. Jika tidak, maka ia hanya menjadi seorang penggunjing tanpa penghasilan.

Hal seperti ini tidak baik dilakukan di depan maupun dibelakang anak. Sebisa mungkin hindari ya ayah bunda.

10. MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Membuang sampah sembarangan sejatinya tidak bleh dilakukan dimanapun. Bahkan sudah ada undang undang tersendiri mengenai mebuang sampah sembarang. Para pemilik lahan yang masih terbengkalaipun sering kali memasang plang agar tidak membuang sampah sembarangan ataupun juga tulisan tulisan di plang yang sering kali mengancam contoh: jika membuang sampah disini akan dedenda sekian. Ada lagi contoh yang buang sampah disini akan diikuti hantu dan digantui sampai mati, serem kali yah. Hahaha.

11. BERBUSANA TERBUKA

 Untuk hal ini khusunya dalam medidik anak perempuan, maka ayah bunda tidak boleh berbusana terbuka dalam memberi contoh kepada anak. Takutnya nanti masuk angin.wkwwk.

Maksudnya berbusan terbuka disini adalah tidak boleh memakai pakaian yang bisa mengundang syahwat lawan jenis . Berbusana terbuka hanya boleh dilakukan di dalam kamar dan didepan pasangan bukan didepan anak , sekalipun anak anda masih kecil dan belum ngerti apa apa. Ia akan merekam segala kejadian yang ada didepan matanya. Kelak dewasa nanti dia akn mempraktekkannya.

Jadi, gunakan busana yang pantas dan tidak terbuka.

12. BERKATA KASAR

Berkata kasar juga contoh yang tidak baik, Jika anda tidak mau anak anda menjadi pribadi yang kasar dan sering berkata kasar ataupun tidak sopan kepada orang tua, maka hidari hal seperti ini. Hindarkan anak juga dari lingkungan orang orang yang sering berkata kasar. Karena selain pengaruh keluarga, pengaruh lingkungan juga mempengaruhi tumbuh kembang mental anak.

Berkata kasar disini maksudnya adalah tidak mengucapkan kata kata yang buruk yang tidak pantas. Nada suara juga tidak boleh tinggi.

13. NGEBUT SAAT MENGENDARAI KENDARAAN DAN MEMBONCENG ANAK.

 Saat mengendarai kendaraan dan anda Bersama anak, maka anda tidak boleh memberi contoh berkendara yang tidak baik. Berilah contoh berkendara yang baik dan benar. Mematuhi peraturan yang negara buat, Mematuhi rambu rambu lalu lintas, dan gunakan kecepatan standar . alon alon asal kelakon , ini pepatah or atua jaman dulu.

Jika nanti anak melihat anda ngebut, dikhawatirkan anak akan meniru perbuatan tersebut dan membahayakan diri sendiri dan orang sekitar.

 

Itulah 13 hal yang tidak boleh dilakukan didepan anak. Masih banyak lagi hal yang tidak boleh dilakukan didepan anak selain 13 hal tersebut.

Sebenernya saya juga mau membahas tentang larangan merokok didepan anak tapi pasti ayah bunda sudah tau lah ya. Saya asumsikan ayah bunda sudah tau dampak buruk dari merokok didepan anak. Itu akan mengakibatkan gangguan kesehatan anak. 

0 Comments

Dapatkan Update Pilihan dan Terbaru Setiap hari dari Ratna Susanti. Temukan kami di Google News, caranya klik DI SINI

© Copyright 2024 - Dwi Ratna Susanti All Right Reserved